RPP Kelas XI SMALB Selalu Berhemat Energi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan     :  SMALB - C Kelas    :  XI Tema / Topik    :  Selalu Berhemat Energi Minggu ke...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan     :  SMALB - C
Kelas    :  XI
Tema / Topik    :  Selalu Berhemat Energi
Minggu ke    :  20
Semester    :  2   (Dua)
Alokasi Waktu    :  3  Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.    Menerima , menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.    KOMPETENSI DASAR
PPKn
•    Menyajikan bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar

Bahasa Indonesia
•    Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
•    Berperilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
•    Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok

Matematika
•    Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak beraturan tertentu

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
•    Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
•    Memiliki perilaku hidup sehat
•    Memahami cara pengukuran tinggi dan berat badan ideal
•    Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional

Seni, Budaya, dan Prakarya
•    Berani  mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari

C.    INDIKATOR
PPKn
•    Menunjukkan contoh bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah,keluarga, dan masyarakat sekitar dengan rasa percaya diri

Bahasa Indonesia
•    Menunjukkan perilaku senang menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan kepada guru dan teman di sekolah
•    Menunjukkan perilaku senang menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan kepada orang tua, dan anggota keluarga di rumah
•    Menunjukkan perilaku hemat energi (mematikan lampu yang tidak terpakai, mematikan TV yang tidak ditonton, mematikan kran air bila tidak dipakai)
•    Menyusun pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
•    Menentukan dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan

Matematika
•    Menghitung luas daerah  dari bangun datar yang akan dipasang ubin


Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
•    Menjaga kebersihan tubuh
•    Menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah
•    Mengukur tinggi badan mengunakan ukuran cm
•    Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan

Seni, Budaya, dan Prakarya
•    Menunjukkan rasa percaya diri untuk berkarya
•    Menunjukkan keberanian mencoba untuk berkarya sesuai tema “Hemat Energi”
•    Menunjukan kebebasan dalam berkarya

D.    MATERI
PPKn
•    bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah dan keluarga

Bahasa Indonesia
•    Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
•    hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
•    Ketepatan pertanyaan dengan isi teks bacaan
•    Ketepatan dalam menentukan gagasan pokok paragraf

Matematika
•    pengubinan menggunakan segibanyak beraturan tertentu

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
•    tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
•    perilaku hidup sehat
•    cara pengukuran tinggi dan berat badan ideal

Seni, Budaya, dan Prakarya
•    Mengekspresikan dan menampilkan karya

E.    PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi        : Cooperative Learning
Teknik        : Example Non Example
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·         Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
·         Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
·         Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
·         Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
·         Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
·         Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan
10 menit
Inti
·         Mencari informasi dari berbagai sumber dan media tentang contoh perilaku yang mencerminkan bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi dan adat dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah dengan rasa tanggungjawab
·         Mendiskusikan bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah,keluarga
150 menit

·         Menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaannya kepada orang tua, guru, teman dan anggota keluarga
·         Bermain peran menyarankan kepada teman untuk menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaanya kepada orang tua, guru, teman dan anggota keluarga
·         Mencari/membaca teks/ yang berisi informasi tentang sumber-sumber energi utama di Indonesia (minyak bumi, gas, batubara)
·         Mendiskusikan bahwa sumber-sumber energi tsb tidak terbarukan,maka perlu dihemat
·         Mendata cara-cara melakukan hemat energi/listrik di rumahnya (mematikan lampu yang tidak terpakai, mematikan TV yang tidak ditonton)
·         Melakukan perilaku hemat energi di rumah dan di sekolah dengan cara menandai pada daftar perilaku hemat energi seperti yang sudah didiskusikan
·         Membaca di dalam hati teks bacaan tentang “Hemat Energi”
·         Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·         Menukarkan pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·         Menentukan dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
·         Mengomentari gagasan pokok yang ditulis teman
·         Melakukan pengukuran lantai ruang kelasnya secara kelompok
·         Mendiskusikan hasil pengukuran dalam kelompok
·         Membuat laporan tentang hasil kerja kelompok terkait dengan luas daerah yang diukur, dilanjutkan presentasi kelompok

·         Mengidentifikasi kebersihan badan dengan daftar cek lis
·         Menggunakan jamban dengan bersih dan sehat
·         Mengukur tinggi badan menggunakan ukuran cm menggunakan alat “meteran” dan mencatat hasilnya dilakukan secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku kerjasama
·         Berjalan membawa benda yang diletakkan di kepala menunjukkan disiplin

·         Membuat karya melalui gambar, nyanyian, tarian, atau karya kreatif yang bertema “Hemat Energi”
·         Menampilkan tarian, nyanyi atau karya sendiri dengan percaya diri di depan kelas


Penilaian proses:
·         Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
·         Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
·         Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.


Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kebersihan kelas
·         Gambar kegiatan menyapu kelas
·         Gambar kegiatan membersihkan debu
·         Gambar kegiatan menata buku
·         Membersihkan jendela kelas

Kelompok gambar kebersihan rumah
·         Gambar kegiatan menyapu rumah
·         Gambar kegiatan mengepel lantai
·         Gambar kegiatan menata tempat tidur
·         Gambar kegiatan  membersihkan/menyapu kebun

Kelompok  gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung
·         Gambar kegiatan membersihkan selokan
·         Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
·         Gambar kegiatan membuang sampah
·         Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh

Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab.



·         Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
·         Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
·         Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya

Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu ” Oh Ibu dan Ayah”  untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
·         Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·         Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
·         Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
·         Menggunakan format pengamatan


·        Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.  Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb


·        Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)

·        Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)

·        Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat

·        Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang


·        Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat

Penutup
·        Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
·        Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
·        Melakukan penilaian hasil belajar

·        Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)


·        Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·        Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan

G.    SUMBER DAN  MEDIA
•    Buku tematik kelas IV
•    Alat ukur panjang
•    Meteran
•    Kaus kaki yang diisi dengan biji-bijian
•    Buku pengangan siswa
•    Karya
•    Buku Pengambangan diri anak

H.    PENILAIAN
1.     Prosedur Penilaian
a.     Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.    Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

2.    Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses
•    Penilaian Kinerja
•    Penilaian Produk

b.    Penilaian Hasil Belajar
•    Pilihan ganda
•    Isian singkat
•    Esai atau uraian

COMMENTS

Nama

autism just for fun pendidikan pendidikan khusus pengetahuan permainan
false
ltr
item
CACING CAWU: RPP Kelas XI SMALB Selalu Berhemat Energi
RPP Kelas XI SMALB Selalu Berhemat Energi
CACING CAWU
http://www.dirhamandipurnama.id/2016/05/rpp-kelas-xi-smalb-selalu-berhemat.html
http://www.dirhamandipurnama.id/
http://www.dirhamandipurnama.id/
http://www.dirhamandipurnama.id/2016/05/rpp-kelas-xi-smalb-selalu-berhemat.html
true
498171477731281145
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy