RPP IPS Kelas 2 SDLB

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah                        : SLB - B Sukapura ...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : SLB-B Sukapura
Satuan Pendidikan                : SDLB
Kelas/ Semester                     : 2 (dua)/ 2 (dua)
Mata Pelajaran / Tema         : IPS / Lingkungan
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit (2 minggu)

A.    Standar kompetensi
1.      IPS                       : 2 Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
2.      B.Indonesia          : 7 Memahami bacaan.

B.     Kompetensi Dasar
1.      IPS                       : 2.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.
2.      B.Indonesia          : 7.1 Membaca bacaan singkat dengan lancar.

C.    Indikator
1.      IPS
a.       Menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan.
b.      Menyebutkan sifat-sifat yang baik dalam hidup bermasyarakat.

2.      B.Indonesia
a.       Membaca cerita singkat tentang lingkungan.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah KBM berlangsung, diharapkan:
1.      Siswa dapat menyebutkan 1 bentuk kerjasama di lingkungan.
2.      Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat yang baik dalam hidup bermasyarakat.
3.      Siswa dapat membaca cerita singkat tentang lingkungan.


·         Karakter siswa yang diharapkan :       
Tolong menolong, Berani, gotong royong

E.     Materi Ajar/Pembelajaran
Lingkungan Rumahku

Aku tinggal di lingkungan yang begitu nyaman. Orang-orang yang tinggal disini begitu baik. Kami selalu rutin kerja bakti membersihkan lingkungan rumah. Ayahku bersama warga yang lain memotong rumput dan selokan. Ibu ku dan ibu-ibu tetangga menyiapkan makanan untuk warga. Aku dan teman-teman ku juga ikut membantu membawakan makanan dan minuman.
lingkungan kami selalu gotong royong dan tolong menolong dalam hidup dengan masyarakat.
                
            Gambar siswa sedang membersihkan halaman 
            Warga sedang membersihkan selokan       
             Bapak sedang memotong rumput
            Kakak sedang menyapu halaman.

F.     Metode Pembelajaran
1.      Percakapan.
2.      Tanya jawab.
3.      Penugasan.

G.    Kegiatan Belajar Mengajar
1.      Kegiatan Awal (5 menit)
-        Mengondisikan kelas
Mengucapkan salam, merapihkan tempat duduk siswa, berdoa Sebelum belajar, dan absensi siswa dengan menyebutkan nama siswa dan siswa mereaksi dengan menjawab atau mengacungkan tangan
2.      Kegiatan Inti (65 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
-        Guru
“dimana rumah mu?”
“apakah kalian suka ikut bersih-bersih halaman?
                Elaborasi
                Dalam kegiatan elaborasi :
-       Siswa memperhatikan guru yang menuliskan cerita singkat di papan tulis.
-       Siswa secara bergantian membaca cerita singkat yang telah ditulis.
-       Siswa memperhatikan penjelasan makna dari cerita singkat yang telah dibaca.
-       Siswa menjelaskan kembali isi dari cerita yang telah dibaca.
-       Siswa memperhatikan gambar bentuk kerja bakti kepada siswa.
-       Siswa secara bergantian menyebutkan gambar yang diperlihatkan guru.
Konfirmasi (10 menit)
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-       Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-       Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
3.      Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
-          Guru memberikan tugas/PR.
-          Menutup pelajaran, berdo’a dan mengucapkan salam

H.    Media/Alat dan Sumber
1.      Media
a.       Gambar
2.      Sumber
a.       SKKD SDLB B
b.      Buku IPS untuk SD kelas 2 – Tri Jaya S

I.       Evaluasi
1.      Teknik penilaian
a.       Prosedur tes                 : Proses dan post tes
b.      Jenis tes                       : tulisan
c.       Bentuk tes                   : Isian singkat
d.      Alat tes                                    : Soal
 Jelaskan gambar di bawah ini :




 
J.      Penilaian
Nama Siswa    :
Kelas               :
Sekolah            :
No
Aspek Penilaian
Bobot Soal
Nilai
Ket
1
Menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan.


3 = dapat
2 = dengan bantuan
1 = tidak dapat
2
Menyebutkan sifat-sifat yang baik dalam hidup bermasyarakat.


3
Membaca cerita singkat tentang lingkungan.




Mengetahui,
Bandung,  29   Februari 2012
Guru Pamong



Yenni Suryani, S.Pd
NIP. 19670504.199303.2.004
Mahasiswa PPL,



Dirham Gumawang A
NIM. 0808377

COMMENTS

Nama

autism just for fun pendidikan pendidikan khusus pengetahuan permainan
false
ltr
item
CACING CAWU: RPP IPS Kelas 2 SDLB
RPP IPS Kelas 2 SDLB
http://3.bp.blogspot.com/-J2LQFe3AaB0/UUKg-i63nFI/AAAAAAAAAFQ/8VdeB9u91WE/s1600/f14.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-J2LQFe3AaB0/UUKg-i63nFI/AAAAAAAAAFQ/8VdeB9u91WE/s72-c/f14.jpg
CACING CAWU
http://www.dirhamandipurnama.id/2012/03/rpp-ips-kelas-2-sdlb.html
http://www.dirhamandipurnama.id/
http://www.dirhamandipurnama.id/
http://www.dirhamandipurnama.id/2012/03/rpp-ips-kelas-2-sdlb.html
true
498171477731281145
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy