Instrumen Asesmen Kemampuan Sosial Emosi Pada Anak (Usia 4-5 Tahun)

Instrumen Asesmen Kemampuan Sosial Emosi Pada Anak (Usia 4-5 Tahun) Nama                : …………………… Umur                : …………………… Kelas  ...


Instrumen Asesmen Kemampuan Sosial Emosi Pada Anak
(Usia 4-5 Tahun)
Nama               : ……………………
Umur               : ……………………
Kelas               : ……………………
Sekolah                        : ……………………
Kemampuan
Ruang Lingkup
Gambaran
Instruksi Tugas / Pertanyaan
Ket.
Penilaian
Tidak Mampu
Mampu dengan bantuan
Mampu
Sosial
Mengenal identitas diri dan lingkungan sekitar
Pengenalan diri sendiri, membantu diri sendiri dan orang lain, serta mengungkapkan keinginan






















1.    Apakah anak mampu menyebutkan identitas diri seperti :
a.  Nama
b.  Umur
c.  Rumah
d.  Sekolah
e.  Cita-cita
2.      Apakah anak mampu menyebutkan nama anggota keluarga seperti :
a.  Nama ayah
b.  Nama ibu
c.  Nama kakak / adik
d.  Nama kakek / nenek
e.  Nama paman / bibi


3.      Apakah anak mampu membersihkan diri tanpa bantuan seperti :
a.    mencuci tangan
b.    berkumur
c.    mencuci muka
d.    mengelap tangan
e.    mencuci kaki
4.      Apakah anak mampu makan, minum tanpa bantuan?
a.    mengambil piring sendiri
b.    mengambil sendok sendiri
c.    mengambil nasi sendiri
d.    mengambil lauknya sendiri
e.    mengambil gelas sendiri
f.     mengambil air minum sendiri
5.      apakah Anak mampu bergaul dengan banyak teman sebayanya?






Kemampuan untuk berkelompok
1.      Mampu berkomunikasi dan bekerja dengan kelompok
a.    Menunggu giliran dalam bermain tanpa pengawasan
b.    Mematuhi perintah sederhana
c.    Menceritakan pengalaman sendiri
d.    Mampu menerima cerita dari orang lain
e.    Mampu bekerjasama dengan orang lain
f.     Anak mampu meminjam benda milik teman kelasnya tanpa bantuan
g.    Anak mampu mengembalikan benda milik temannya tanpa bantuan
h.    Anak sudah mampu mengerti instruksi dari orang lain.
i.      Anak mampu menunggu giliran saat melakukan antrian.
j.      Anak sudah mampu mengajak temannya bermain.
k.    Anak mampu mengikuti instruksi dalam kelompok.
l.      Anak mampu memberikan informasi dalam kelompok.
m.  Anak mampu menjawab ketika dipanggil saat dalam kelompok.
n.    Anak mampu mengangkat tangan ketika dipanggil dalam kelompok.
o.    Anak mampu mendengarkan cerita dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang cerita itu.
p.    Anak mampu menunjukkan sesuatu atau memperagakan sambil menjelaskan.
q.    Anak sudah mampu menyatakan keinginannya atau tidak dengan Ya / Tidak.




Emosi
Regulasi diri dan minat terhadap lingkungan
1. Pulih dari kondisi tidak menyenangkan
1.      Anak mampu menghilangkan rasa tidak menyenangkan dengan bujukan orang lain, seperti:
a.    marah
b.    takut
c.    sedih





Keakraban
2.Menunjukkan respon terhadap tawaran
3.Menunjukkan rasa tidak suka bila didiamkan/tidak direspon saat bermain
1.      Anak mampu merespon bila diberi benda yang baru dikenalnya dengan eskrepresi, seperti :
a.    senyum
b.    kerenyit
c.    vokalisasi
d.    meraih
e.    senang
f.     rasa ingin tahu
2.      anak mampu menunjukan rasa tidak suka ketika di diamkan / tidak di respon saat bermain, seperti :
a.    protes
b.    marah




Sumber :
Bricker, Diane and Waddel, Misti. (1996). AEPS Curriculum for Three to Six Years. Baltimore, Maryland: Paul H Publishing Co.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Handojo. (2003). Autisma. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.
Yusuf, Munawir dkk. (2003). Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai.
Materi perkuliahan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus.
Stanley I Greenspan dan Serena Wieder (1998): The Child with Special Needs, Cambridge, Massachusetts, Perseus Publishing.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

autism just for fun pendidikan pendidikan khusus pengetahuan permainan
false
ltr
item
CACING CAWU: Instrumen Asesmen Kemampuan Sosial Emosi Pada Anak (Usia 4-5 Tahun)
Instrumen Asesmen Kemampuan Sosial Emosi Pada Anak (Usia 4-5 Tahun)
CACING CAWU
http://www.dirhamandipurnama.id/2011/09/instrumen-asesmen-kemampuan-sosial.html
http://www.dirhamandipurnama.id/
http://www.dirhamandipurnama.id/
http://www.dirhamandipurnama.id/2011/09/instrumen-asesmen-kemampuan-sosial.html
true
498171477731281145
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy