Instrumen Asesmen Kemampuan Motorik Pada Anak Dengan Rentang Usia 4-5 Tahun

Instrumen Asesmen Kemampuan Motorik Pada Anak Dengan Rentang Usia 4-5 Tahun Nama                : …………………… Umur                : ……………………...


Instrumen Asesmen Kemampuan Motorik Pada Anak Dengan Rentang Usia 4-5 Tahun
Nama               : ……………………
Umur               : ……………………
Kelas               : ……………………
Sekolah           : ……………………

Kemampuan
Ruang Lingkup
Gambaran
Instruksi Tugas / Pertanyaan
Keterangan
Penilaian
Tidak Mampu
Mampu Dengan Bantuan
Mampu
1.    Motorik
Kemampuan perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh yang berkaitan dengan perkembangan pusat motorik di otak.
1.1     Motorik Kasar.
Anak mampu menunjukkan keterampilan otot-otot besar lengan, kaki, dan batang tubuh, seperti berjalan dan melompat yang dimiliki dirinya.

1.1.1.      Apakah anak mampu duduk dengan posisi yang baik ?
1.1.2.      Apakah anak mampu menunjukkan posisi berdiri tegak dengan benar ?
1.1.3.      Apakah anak mampu melakukan gerakan merayap dengan benar ?
1.1.4.      Apakah anak mampu memposisikan diri dengan benar saat berjalan ?
1.1.5.      Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan memantulkan bola ?
1.1.6.      Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan menangkap bola?
1.1.7.      Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan menendang bola ?
1.1.8.      Apakah anak sudah mampu melakukan lemparan bola dengan baik ?
1.1.9.      Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan merangkak dengan benar ?
1.1.10.  Apakah anak sudah mampu melakukan kegiatan naik tangga ?
1.1.11.  Apakah anak sudah mampu melakukan kegiatan menuruni tangga ?
1.1.12.  Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan melompat ?
1.1.13.  Apakah anak sudah mampu berlari dengan baik ?





1.2 Motorik Halus
Anak mampu menunjukkan keterampilan otot-otot kecil yang ada diseluruh tubuh seperti menyentuh dan memegang yang dimiliki dirinya.

1.1.1.      Apakah anak sudah mampu memegang alat tulis / pensil dengan benar (tripod) ?
1.1.2.      Apakah anak mampu melipat kertas menjadi 2 bagian yg sama?
1.1.3.      Apakah anak mampu menggunting kertas mengikuti pola ?
1.1.4.      Apakah anak sudah mampu menebalkan garis mengikuti pola ?
1.1.5.      Apakah anak sudah mampu merobek kertas ?
1.1.6.      Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan meremas kertas ?
1.1.7.      Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan memilin ?
1.1.8.      Apakah anak sudah mampu melakukan kegiatan mengancingkan baju ?
1.1.9.      Apakah anak sudah mampu melakukan kegiatan mengikat tali sepatu ?
1.1.10.  Apakah anak mampu melakukan kegiatan meronce ?
1.1.11.  Apakah anak menyisir rambutnya sendiri ?
1.1.12.  Apakah anak mampu mencuci tangan sendiri ?





1.3 Keseimbangan
Anak sadar dan mampu mempertahankan suatu hubungan kearah titik pusat dari gaya tarik bumi.

1.3.1.      Apakah anak mampu berjalan diatas titian / jalan setapak ?
1.3.2.      Apakah anak mampu mempertahankan diri saat harus berdiri dengan satu kaki ?
1.3.3.      Apakah anak mampu berjalan mengikuti pola garis tertentu ?
1.3.4.      Apakah anak mampu berjalan jinjit ?
1.3.5.      Apakah anak mampu berjalan dengan membawa beban di kedua tangannya ?
1.3.6.       Apakah anak mampu berjalan dengan tangan terlentang ke samping ?
1.3.7.       Apakah anak mampu berdiri  dengan merentangkan tangannya dan mengangkat satu kaki?






Sumber :

Bricker, Diane and Waddel, Misti. (1996). AEPS Curriculum for Three to Six Years. Baltimore, Maryland: Paul H Publishing Co.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Handojo. (2003). Autisma. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.
Yusuf, Munawir dkk. (2003). Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai.
Materi perkuliahan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus.

COMMENTS

Nama

autism just for fun pendidikan pendidikan khusus pengetahuan permainan
false
ltr
item
CACING CAWU: Instrumen Asesmen Kemampuan Motorik Pada Anak Dengan Rentang Usia 4-5 Tahun
Instrumen Asesmen Kemampuan Motorik Pada Anak Dengan Rentang Usia 4-5 Tahun
CACING CAWU
http://www.dirhamandipurnama.id/2011/09/instrumen-asesmen-kemampuan-motorik.html
http://www.dirhamandipurnama.id/
http://www.dirhamandipurnama.id/
http://www.dirhamandipurnama.id/2011/09/instrumen-asesmen-kemampuan-motorik.html
true
498171477731281145
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy