Ruang lingkup asesmen matematika

Dalam belajar keterampilan matematika, ada dua dimensi yang harus dipelajari siswa yaitu; dimensi kuantitatif dan dimensi kualitatif. Yang d...

Dalam belajar keterampilan matematika, ada dua dimensi yang harus dipelajari siswa yaitu; dimensi kuantitatif dan dimensi kualitatif. Yang dimaksud dengan dimensi kuantitatif adalah suatu pemahaman tentang konsep atau prinsif-prinsif dalam matematika yang diperoleh melalui proses belajar, namun setiap aspek yang dipelajari itu nampak masih berdiri-sendiri. Dalam pengertian lain, konsep atau prinsif matematika yang dipelajari itu belum dikaitkan dalam aplikasi sosialnya. Sebagai ilustrasi; seorang siswa telah belajar tentang oprasi hitung dan ia cukup terampil misalnya; oprasi hitung dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, tetapi keterampilan itu belum terkait langsung dalam kehidupannya secara riil, sehingga ia mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang bersifat aplikatif. Misalnya; ketika anak diminta untuk membeli sesuatu, ia menjadi kebingungan karena tidak mengetahui berapa uang yang harus dibayar dan berapa kembalian yang harus ia terima dari uang yang dimilikinya itu, sehingga keterampilan matematik yang telah dimilikinya (menjumlah, mengurang, mengalikan atau membagi) menjadi tidak fungsional. Jika persoalan ini terjadi, sebetulnya anak belum dapat dikatakan telah memiliki keterampilan matematika yang sesungguhnya, tetapi baru sampai pada tarap penguasaan pengetahuan yang bersifat konsep atau prinsif-prinsif dalam matematika. Itulah yang dimaksud dengan dimensi kuanitatif. Sedangkan yang dimaksud dalam dimensi kualitatif adalah keterampilan matematika yang bersifat generative knowlage dan dapat digunakan dalam memacahkan masalah secara nyata dalam kehidupan mereka, sehingga konsep-konsep yang telah dipelajarinya itu menjadi fungsional. Namun demikian proses penguasaan keterampilan matematika pada dimensi kualitatif akan didahului oleh penguasaan keterampilan matematika pada dimensi kuantitatif.. Oleh karena itu keterampilan matematika harus mencakup kedua dimensi tersebut..
Berasarkan asumsi itu, maka indikator untuk menentukan apakah seseorang telah sampai kepada penguasaan keterampilan matematika atau belum harus dilihat sampai pada dimensi kualitatifnya. Berkenaan dengan hal itu, untuk menetapkan apakah seorang siswa itu mengalami masalah dan hambatan dalam belajar matematika, maka asesmen ini akan melihatnya dari kedua dimensi tadi. Dengan cara itu diharapkan informasi yang berkaitan dengan penguasaan keterampilan matematika dimaksud dapat diketahui pada dimensi mana sesungguhnya masalah itu terjadi, dan penelesuran lebih lanjut berkenaan dengan akar masalah penguasaan keterampilan dari kedua dimensi matematika tadi dapat segera diketahui. 1). Dimensi Kuantitatif Ruang lingkup dalam dimensi kuantitatif ini mencakup aspek : (a). Keterampilan memamahmi konsep bilangan dan oprasi hitung (b). Keterampilan memahami konsep pecahan dan oprasi hitung (c). Keterampilan memahami konsep geometri dan oprasi hitung 2). Dimensi Kualitatif Ruang lingkup dalam dimensi kualitatif mencakup keterampilan dalam mengapli-kasikan konsep matematika dalam menghadapi situasi yang nyata berkenaan dengan : (a). Aplikasi perhitungan yang berkaitan dengan uang (b). Aplikasi perhitungan yang berkaitan dengan pengukuran (c). Aplikasi perhitungan yang beraitan dengan waktu
Sumber : Dr. Endang Rochyadi, M.Pd

COMMENTS

Nama

autism just for fun pendidikan pendidikan khusus pengetahuan permainan
false
ltr
item
CACING CAWU: Ruang lingkup asesmen matematika
Ruang lingkup asesmen matematika
CACING CAWU
http://www.dirhamandipurnama.id/2011/04/ruang-lingkup-asesmen-matematika.html
http://www.dirhamandipurnama.id/
http://www.dirhamandipurnama.id/
http://www.dirhamandipurnama.id/2011/04/ruang-lingkup-asesmen-matematika.html
true
498171477731281145
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy